Kamis, 12 Desember 2013

BUDAYA YANG TERLUPAKAN DI INDONESIA


Kali ini gue ingin membahas sedikit tentang budaya di tanah air indonesia itu seperti apa, tapi sebelumnya agan – agan udah tau kan budaya itu apa ???.. Menurut ane sediri sih Budaya adalah suatu peninggalan dari nenek moyang kita atau juga di sebut orang yang ada sebelum kita di lahirkan, begitulah kurang lebihnya apa itu budaya yang gue tau heehehe...  Trus ada yang bertanya gak, kenapa sih ane membahas tentang budaya, kok gak soal percintaan, kemajuan teknologi, politik atau apalah itu sebagainya. Jawaban gue sih simpel banget, karena emang gue cinta dan bangga sama indonesia soalnya ane lahir di bumi Nusantara ini .... hahahahah.., gak lucu ya :D

Balik lagi ke pembahasan awal kita yang berjudul budaya yang terlupakan di indonesia, semua udah pada tau kan waktu itu saking parahnya warga kita tidak peduli dengan budaya sendiri sampai – sampai waktu itu sempat kejadian batik kita di anggap budaya Malaysia. Itu menambah bukti bahwa warga kita tidak cinta akan indonesia, kenapa ? karena seiring majunya teknologi warga indonesia mulai tidak sadar akan budaya kita, rasa cinta tanah air kita mulai berkurang. karena lupa akan budaya yang ada dan ditambah lagi dengan berbagai macam teknologi – teknologi canggih yang menggiurkan kita untuk memakainya. Sebenernya semua pada tau enggak bahwa apa yang kita lakukan melupakan budaya indonesia berakibat fatal pada generasi – generasi muda kita, yang dulunya sering bermain gamelan,wayang,tari atau silat kini telah di gantikan oleh teknologi yang ada, itu merusak pola pikir anak bangsa untuk mencintai indonesia. Dengan tidak cintanya generasi muda kita dengan negara indonesia maka akan sangat sulit untuk memajukan negara ini. Coba banyangin aja anak sekarang sering main Drum di bandingin dengan gamelan. Gue bingung kadang seseorang salah persepsi dia bangga akan bermain dengan drum dan ia akan menunjukkan dan melihatkan apa yang ia bisa di atas didunia dengan embel ingin membanggakan indonesia tapi padahal dia lupa drum yang ia banggakan itu bukan budaya kita tapi budaya orang lain dengan kata lain ia bukannya ingin memajukan negara indonesia tapi sebaliknya ia ingin memamerkan dan memajukan budaya orang lain ‘ apakah itu bukti bahwa anak bangsa cinta indonesia. tapi dimana rasa cinta kita itu sadarlah kawan. Negara yang lupa akan budayanya negara itu tidak akan pernah bisa maju. Bukti asli dari jepang, china, amerika serikat yang tergolong negara maju mengapa negara tersebut cepat maju karena mereka tidak lupa akan asal – usul mereka dulu tidak lupa akan budayanya sendiri. Tapi mengapa warga indonesia tidak memahami sampai saat ini bahwasanya budaya sangat berpengaruh dengan majunya dan makmurnya suatu negara kesatuan.

Satu masalah lagi buat kita, banyak negara yang tau kalo negara kita adalah negara surga , kekayaan yang tidak dapat tekalahkan bahkan tidak ada negara yang mempunyai kekayaan alam yang berlimpah seperti negara kita dimana ada buah – buahan yang hampir semua kita punya, sayuran yang hampir semua kita punya, emas dan masih banyak lagi.  Sebenarnya banyak negara lain yang ingin merampas kekayaan. Tapi mereka sadar bahwa mereka tidak akan bisa merampas itu semua dengan fisik ataupun kekerasan di tambah lagi kuatnya persatuan kita dan cinta tanah air maka dari itu mereka semua telah mempunyai misi untuk merampas itu dengan memecah belah kita lagi seperti yang terjadi pada waktu kerajaan – kerajaan dulu yang bersifat kedaerahan. Salah satu bukti yang kita hadapi adalah merusak mental anak bangsa dengan melupakan budaya agar anak bangsa tidak tau dan tidak cinta dengan budaya yang ada dengan memberi kita suatu teknologi seperti HP, Televisi, Ipad, Komputer, dan masih banyak lagi. Mereka menyuruh agar kita mencintai budaya mereka tetapi melupakan budaya asli kita dengan arti ia merusak moral bangsa kita sehingga bangsa kita akan pecah dan bangsa lain mudah untuk merampas itu semua dari kita. Dari semua itu kita dapat menyimpulkan bahwa budaya itu memanglah sangat penting di tambah lagi setiap budaya yang kita pelajari memiliki arti tersendiri, ciri khas suatu bangsa dan banggalah jika kau mempunyai budaya yang banyak, pelajarilah jangan pernah lupa karena di samping itu semua budaya dapat membantu kita untuk meneruskan cita – cita nenek moyang, bahwasanya mereka tidak ingin di lupakan begitu saja jasa - jasanya dan mereka nenek moyang meninggalkan budaya untuk di pelajari yang di dalamnya pasti terdapat pesan moral dan mereka ingin untuk kita ingat akan susah dan sedih mereka waktu dulu untuk menjadikan bangsa kita yang benar benar merdeka(Bebas) tidak terikat oleh apapun. Sekali lagi JANGAN LUPA BUDAYA KITA,Di dalam penginggalan tesersebut terdapat IMPIAN,MISI nenek moyang kita yang belom terwujud sepenuhnya, dengan itu maka kitalah yang harus meneruskannya.

1 komentar: